Sabtu, 05 Februari 2011

iPad 2010

Trend Teknologi iPad 2010 serta Kelemahannya
Nama iPad terdengar sebagai teknologi yang mutakhir dan pertama di dunia. Keluaran komputer menyerupai iPhone tetapi agak lebih besar dari iPhone karena keyboard pada komputer ini terletak di layar. Lebih dari itu, iPad berpotensi menjadi penggerak utama dalam dunia elektronik. iPad buatan Apple diposisikan sebagai kategori baru perangkat komputer jinjing di antara laptop dan smartphone. Sebagian besar fitur yang disediakan di dalamnya tak beda dengan iPhone namun dengan tampilan layar lebih lebar. Namun, Apple juga  membenamkan fitur baru yang baru ditemukan di perangkat ini. iPad sendiri memiliki kelebihan antara lain, designnya yang eksklusif, tipis, elegan serta multitouch screen yang lebih baik dari iPhone. Dengan mengandalkan sistem operasi iPhone, tentunya para penggemar Apple akan mudah untuk menggunakan iPad. Selain itu iPad lebih ringan untuk di tenteng daripada netbook biasa mengingat berat iPad hanya sekitar 700gr, apalagi jika kita adalah  orang yang sering berada di kawasan Wi-Fi dan harus selalu online. Tentunya, iPad menjadi pilihan yang tepat. Tak hanya itu, iPad Anda dapat dibawa ke mana saja. Memiliki sudut bulat sehingga terlihat lebih indah dan lebih mudah untuk digunakan baik di pangkuan atau sedang dipegang. iPad Pad menawarkan fungsionalitas yang menakjubkan, memudahkan si pemilik bergerak di mana saja dengan hampir tanpa kabel dan mouse melekat padanya.
Layar Multi Sentuh 
Layar multi sentuh (multitouch) pada iPad berbasis sama dengan yang digunakan pada iPhone. Berbeda dengan teknologi layar sentuh tablet PC yang mayoritas memanfaatkan stylus (pena khusus) dan hanya bisa ‘merasakan’ sensor pada satu titik, iPad  menyediakan sensor yang dapat melayani sentuhan pada lebih dari satu titik. Peningkatan akurasi sensor sentuh dilakukan mengingat teknologi awal yang digunakan pada iPhone diperuntukkan bagi layar  berukuran 4 inch, sedangkan iPad berukuran 9,7 inch. Dengan tingkat akurasi sensor yang tinggi memberikan kenyamanan bagi  pengguna iPad dalam melakukan perbesaran (zooming) lokasi pada peta atau pun menampilkan detil gambar lebih dekat. Artinya  dengan memanfaatkan teknologi ini, aplikasi dapat dibuat lebih menarik dan interaktif dibandingkan touch screen biasa. Penggunaan iPad dalam lingkungan kerja, dapat dimanfaatkan sebagai perangkat pendukung staf yang bertugas secara mobile. Dengan iPad dan koneksi  internet nirkabel, aktivitas pemasaran layanan Bank Mandiri akan lebih mudah atau bisa pula dimanfaatkan untuk penjaringan nasabah kredit dan pemrosesan kredit mikro secara cepat. 

Memberi Harapan Hidup Wartawan Cetak
Jurnalis media cetak was-was karena Internet membuat bisnis mereka kepayahan. iPad diharap bisa memberi model bisnis yang model baru bagi media cetak ini. Sejumlah media top, seperti New York Times, Wall Street Journal, USA Today, dan majalah Time sudah melansir versi iPad ini.
Namun dibalik kecanggihan dan keunggulan iPad itu sendiri, terdapat beberapa kelemahan pada peralatan canggih tersebut.
Adapun kelemahan dari iPad itu sendiri,antara lain:
  •  Ukuran display yang tidak terlalu besar
Display iPad memiliki bezel yang tebal, dan untuk memutar film layar lebar, iPad hanya memiliki aspek rasio 4:4, lebih kecil dari standard 16:9 seperti di iPod, walaupun resolusinya sudah mencapai 1024 x 768 piksel, seperti di netbook.
  •  Tidak multitasking
Jika ditujukan untuk menggantikan netbook, seharusnya device iPad ini bisa digunakan untuk multitasking, seperti membuka Twitter di waktu yang bersamaan ketika membuka email AIM.
  •  Tidak ada camera
Tidak ada fasilitas camera baik di depan ataupun di belakang, sehingga tidak bisa menangani video iChat. 
  • Tidak support Adobe Flash 
Google mengumumkan bahwa iPad memiliki flash, namun iPad dilengkapi dengan HTML5 standard untuk content multimedia, termasuk video streaming seperti di YouTube.
  •  Tidak ada slot SDcard
Walaupun kapasitas internal iPad cukup besar, namun user tdak bisa memasukkan SDcard seperti dari camera untuk import video dan foto langsung ke iPad, tanpa membeli iPad Camera Connection Kit atau SDcard reader.
  • Tidak ada port USB
iPad hanya memiliki single dock connector, tidak ada port USB untuk koneksi seperti flashdisk, sehingga user tidak bisa langsung menancapkan keyboard eksternal tanpa membeli adapter USB terpisah. Namun, jika ingin menyambungkan iPad dengan seperti contoh digital camera, maka user membutuhkan adapter USB.

  • Tidak Full GPS
iPad hanya memasukkan A-GPS via Wi-Fi dan 3G. Kelemahan A-GPS adalah kurang akurat, karena user memerlukan koneksi ponsel aktif untuk mendapat informasi posisi lokasi. Hal tersebut berarti jika user berhenti membayar langganan data mobile atau berada di zona koneksi rendah, maka fungsi GPS tidak bisa digunakan. Jika iPad ditujukan untuk keperluan travelling, seharusnya dilengkapi dengan chip GPS, seperti di iPhone.
 
Daftar Pustaka :
Nama : Bertha Nindri W. N.
NIM : 0910651009
Kelas : TI_A
 

1 komentar:

  1. Wynn Resorts Ltd. Announces $4.7B Investment In Las Vegas
    Wynn Resorts Ltd. (NASDAQ:WYNN) 계룡 출장마사지 today announced the 진주 출장안마 completion of its $4.7 부천 출장마사지 billion acquisition of Wynn 수원 출장마사지 Las Vegas, the company announced today. 경상북도 출장마사지

    BalasHapus