Selasa, 01 Februari 2011

MODEM GSM TERBAIK 2011

Modem GSM Terbaik, Huawei E220 atau Sierra 885U?


Pada zaman sekarang ini kebutuhan akan Internet meningkat dari tahun ke tahun. Karena memang kita sudah memasuki zaman Informasi. Dan salah satu alat yang harus ada keberadaanya ketika koneksi dengan Internet adalah modem. Saat ini sudah banyak model-model modem baik dari CDMA maupun GSM. Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk membandingkan mana sebenarnya modem GSM yang terbaik menurut hasil dari beberapa referensi di Internet. Ini dia hasilnya.
Huawei E220


Dengan desain yang kecil dan kecepatan tinggi, Huawei E220 USB Modem mengubah mode mini untuk kaum elite. Fitur penciptaan yang tak tertahankan yang sedap dipandang mata desain ramping dan besar kecepatan hingga 3.6Mbps. Dengan kabel USB dapat digunakan oleh kedua laptop dan komputer desktop.
Spesifikasi
Fitur
• HSDPA/UMTS/EDGE/GPRS/GSM
• HSDPA packet data service with a maximum transmission rate of 3.6Mbps
• UMTS packet data service with a maximum transmission rate of 384kbps
• EDGE packet data service with a maximum transmission rate of 236.8kbps
• SMS service
• Auto installation, convenient for use
Kecepatan
• Download = 7.2 Mbps
• Upload = 384 Kbps
Spesifikasi Frekwensi
• HSDPA/UMTS 2100MHz
• GSM/GPRS/EDGE 900/1800/1900MHz
Operating System
• Windows 2000, Windows XP, Windows Vista & Mac OS
Berat: < 50 g Harga: $ 56.00 Sierra Wireless Compass 885U



Modem USB Sierra Wireless Compass 885U yang mulus ini menawarkan kecepatan tinggi dalam koneksi nirkabel baik untuk Mac, Windows baik dengan menggunakan Komputer Desktop maupun Laptop di jaringan HSUPA. Ini modem USB yang simple yang meliputi TRU-Instal, tidak ada CD instalasi, memori MircoSD.
Fitur
• Wireless download speed up to 7.2 Mbps and upload to 2 Mbps (upgradeable to 5.76 Mbps) Wireless download speed up to 7.2 Mbps and upload to 2 Mbps
• Familiar USB connection
• Small, durable, fixed design
• microSD memory expansion slot
• TRU-Install, automatic software installation
Kecepatan
• Max. Download = 7.2 Mbps
• Max. Upload = 2 Mbps
Jaringan
• HSDPA, HSUPA, UMTS, EDGE, GPRS, GSM
Operating System
• Mac OS X, Windows 7, Windows 7 Mobile Broadband, Windows Vista, Windows XP
Berat: 30 g
Harga: $ 61.00

[ALNECT KOMPUTER] Modem GSM 3G/HSDPA Sierra 881U
Visited 11268 times, 17 so far today
June 28, 2009 By jivi 11 Comments

Bagi kebanyakan orang akses internet merupakan suatu kebutuhan, banyak sekali orang yang membutuhkan akses internet kapan saja dan dimana saja. Nah karena kebutuhan internet mobile tersebut, teknologi nirkabel semakin maju. Karena majunya itu sekarang sudah banyak sekali operator yang menyediakan layanan internet wireless seperti telkomsel flash atau indosat M2 unlimited. Nah untuk bisa mempergunakan/ menikmati akses internet itu kita harus mempunyai sebuah alat transmisi, alat tersebut bisa handphone atau bisa sebuah modem. Nah saya sendiri mempergunakan modem GSM karena lebih stabil dan tidak ribet penggunaanya.
Modem GSM saat ini sudah banyak sekali modelnya, dan salah satunya adalah Modem GSM 3G/HSDPA Sierra 881U. Modem ini bentuknya bisa di lipat dan memiliki bentuk yang unik. Saya memang tidak mempergunakan modem ini, tapi ada 3 orang teman saya yang mempergunakan modem ini. Saya sering melihat performa modem ini cukup bagus untuk semua kondisi, baik saat hujan atau di dalam ruangan yang cukup tertutup. Selain itu sistemnya yang bisa langsung dimasukkan ke usb port sangat memudahkan untuk penggunaanya dan semakin menegaskan mobilenya modem ini. Nah penasaran bentuknya? silahkan lihat gambar di bawah ini bentuk modemnya:

nah setelah membahas tentang sisi luar dari modem ini sekarang saatnya untuk membahas sisi dalam dari modem ini. Modem ini bisa bekerja sampai kecepatan 3.5G atau HSDPA yang memberikan akses internet yang sangat cepat. selain itu modem ini bisa di pergunakan untuk sms dan televon (menggunakan software). Modem GSM 3G/HSDPA Sierra 881U sebenarnya juga bisa terintegrasi menjadi GPS dengan peralatan tambahan, dan menambahkan antena untuk membuat signal anda lebih kuat. Di dukung dengan software yang user friendly dan mudah settingnya sangat cocok sekali bagi anda yang tidak mau ribet. Softwarenya bekerja untuk berbagai Operating system seperti windows Vista, windows XP, MAC OSX, dan windows 2000.
Nah masalah terakhir yang di tanyakan tentunya adalah masalah harga. tentu jika ingin mendapatkan modem yang bagus maka harus mengeluarkan uang yang besar, namun tidak berlaku untuk modem ini, modem ini sangat ringan di kantong. Dengan kecepatan download sampai 7.2 Mbps ini anda hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 690.000 (enam ratus sembilan puluh ribu rupiah) saja. Selain itu modem ini juga di garansi selama 30 hari. Jadi bagi anda yang ingin modem gsm murah dan kualitas bagus tentu saja Modem GSM 3G/HSDPA Sierra 881U menjadi pilihan yang baik.


Suka dengan artikel awangjivi.com? ingin mendapatkan artikel lainnya yang menarik langsung ke email anda? silahkan masukka email anda di form di bawah ini kemudian klik subscribe: Delivered by FeedBurner
kata kunci yang digunakan untuk menemukan halaman ini
modem gsm yang bagus, modem terbagus, modem gsm bagus, modem GSM paling bagus, modem gsm yang paling bagus, modem gsm terbagus, modem gsm yg bagus, modem gsm murah dan bagus, modem gsm yang bagus apa, Modem GsM Sierra 881U
Related post
• Flash Disk Kingston Murah dari Alnect Komputer [ALNECT KOMPUTER]
• Kamera Sony Cyber-Shot DSC-S980[ALNECT KOMPUTER]
• Notebook Cooling Pad Transparan 3 Fan [ALNECT KOMPUTER]
• MP4 slim and touch [ALNECT KOMPUTER]
• PC Paket Home dan office berkualitas [ALNECT KOMPUTER]
• Netbook E-Book Murah [ALNECT KOMPUTER]
Filed Under Teknologi Tagged With modem gsm, review alnect komputer

Sierra 881u – Modem USB GSM Tangguh dan Populer
April 20, 2010 by FastNCheap Under Computer Stuff - 17 Comments

Modem adalah salah satu perangkat networking yang sekarang ini sedang mulai popular karena terus mengalami kenaikan jumlah pengguna. Kenaikan jumlah pengguna (modem) ini tidak lepas dari semakin banyaknya Internet service provider (ISP) yang menawarkan koneksi internet broadband yang murah.
Saya sendiri mulai berlangganan internet broadband sekitar pertengahan tahun 2008. Waktu itu saya masih menggunakan HP Nokia N70 sebagai modem. Namun pada akhir 2008 saya mulai berfikir untuk membeli sebuah modem. Sebelum memutuskan untuk membli, terlebih dahulu saya mencari referensi di internet, untuk mengetahui modem mana yang bagus dan paling banyak direkomendasikan oleh orang lain. Dari hasil penelusuran tersebut akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada USB Modem Sierra 881u.
Berikut spesifikasinya:
• USB modem GSM/GPRS/EDGE/3G/UMTS/HSDPA/HSUPA
• Quad band 900/1800/1900/2100mhz
• Multi mode speed up to 7,2 mbps download & 2@Mbps upload
• Wireless data at speeds up to 7,2 Mbps on HSPA capable networks
• High performance antenna in rugged housing
• Supports HSUPA, HSDPA and UMTS on the 2100, 1900, 850 Mhz band
• Supported OS: Windows® Vista, XP, 2000, Mac OS, Ubuntu
• GPS (Global Positioning System) for Location Based Tracking Satelite (Optional)
• Size : 9 cm x 5 cm x 1,5 cm
Terlihat ukuran fisik modem sierra 881 memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan modem USB pada umumnya. Ini mungkin bisa jadi kekurangan dari sierra 881. Namun, ukuran fisiknya yang besar kemungkinan dikarenakan modem sierra 881 menggunakan baterai. Berdasarkan keterangan yang berhasil saya peroleh, fungsi dari baterai ini adalah untuk menjaga kestabilan power dari usb, sehingga koneksi internet pun bisa terjaga kestabilannya (masalah kestabilan koneksi juga tergantung ISP nya). Ini juga yang menjadi salah satu pertimbangan kenapa saya akhirnya memilih Sierra 881u.


Kelebihan lain dari sierra 881 adalah, kita bisa melakukan perubahan setingan seperti type network, band, DNS, dll, tanpa harus melakukan disconnect terlebih dahulu untuk menerapkan hasil perubahan setingan yang telah dilakukan. Sebagai catatan, untuk jenis modem lainnya jika ingin melakukan perubahan setingan harus dalam kondisi disconnect terlebih dahulu baru melakukan connection untuk menerapkan perubahan tersebut.
Sierra 881 support dengan external antenna, jadi bagi yang daerah rumahnya kurang mendapat sinyal yang bagus bisa mengunakan external antenna, dengan harga kurang lebih 175 ribu. Sehingga daya tangkap sinyal nya bisa lebih kuat. Ada juga USB Docking, sebuah accessories tambahan lainnya yang berfungsi untuk Mengurangi resiko USB Port patah, memudahkan pemasangan jika menggunakan PC Desktop yang letaknya dibawah meja, meningkatkan stabilitas signal karena modem diam dan mudah diposisikan, mudah melakukan charging baterai disaat idle. Harganya sekarang kurang lebih 165 ribu rupiah.


Kelebihan lain sierra 881u yang jarang ditemui pada modem lain adalah feature GPS. Sayangnya sierra tidak menyertakan aplikasi utk menikmati GPS maka kita harus menggunakan aplikasi lain yaitu Garmin Mobile PC. Untuk pengguna OS Machintos dan linux/ubuntu belum bisa menggunakan feature ini karena 3G Watcher yang ada hanya support untuk windows saja.
Dari pengalaman saya selama hampir satu setengah tahun menggunakan sierra 881u, modem ini sangat tangguh. Sering saya online sampai 24 jam, namun suhu modem masih dapat terkendali, tidak cepat panas sehingga koneksinya tetap stabil.
Kesimpulannya, modem Sierra 881u ini adalah USB GSM modem terbaik yang pernah saya temui. Koneksi yang stabil serta suhu yang tidak terlalu tinggi menjadikan modem ini dapat dipakai untuk waktu yang lama, sangat bermanfaat bagi yang punya aktifitas online 24 jam sehari.
Artikel ini ditulis oleh Feri Yunus, salah satu pemenang dari Kontes Menulis Artikel di Fast&Cheap Blog
Baca Juga Artikel yang Berhubungan dengan Topik ini :
• Mengganti DNS dengan DNS Publik Milik Google dan OpenDNS
• Tips Memilih Modem CDMA
• Update Firmware Huawei e5832 Wireless Modem
• Huawei e5832 Wireless Modem
• Setting Mobile Partner Software pada Huawei e5832 Wireless Modem

Fitur Utama
• HSDPA/UMTS/EDGE/GPRS/GSM
• HSDPA (3.5G) packet data dengan transmisi maksimum 3.6 Mbps
• UMTS (3G) packet data dengan transmisi maksimum 384 kbps
• EDGE (EGPRS) packet data dengan transmisi maksimum 236.8 kbps
• SMS service
• Auto installation, cocok untuk Windows 2000 dan Windows XP ( juga bisa berjalan di Linux, sejak Linux Kernel 2.6.20 dan juga Vista)
Jika berada di kota-kota besar yang sudah terjangkau 3G atau 3.5G, maka bisa di optimalkan kecepatan aksesnya, sesuai kecepatan dari penyedia telekomunikasi atau paket yang diambil. Jika tidak ada, maka bisa menggunakan akses GPRS dengan kecepatan sekitar 54 kbps.
Modem ini dirilis sejak 21 Juni 2006. Meskipun menurut situs resmi Huawei bahwa modem ini hanya ditujukan untuk Windows 2000/Xp, tetapi berdasarkan artikel di wikipedia, juga sudah support untuk Linux dan Vista.

Driver modem ini sudah disertakan di dalam Modem itu sendiri, sehingga ketika membeli mungkin tidak disertai CD. Huawei E220 memiliki memory Internal 22 MB (versi lama 10 MB) dalam format CDFS ( Virtual CD-ROM), sehingga bisa langsung diakses dengan Win 2000/Xp dan akan dianggap (virtualisasikan) sebagai CD-ROM. Dengan format file system CDFS ini, kita tidak perlu khawatir akan terkena virus, dihapus atau diubah, karena file-file tersebut hanya bisa dibaca (read only), seperti halnya data yang ada di CD-ROM.
Untuk mendukung agar senantiasa update, maka Modem ini bisa di Flash (seperti halnya BIOS komputer). Firmware dan Update tersedia di website Huawei
Selain E220 sebenarnya ada beberapa produk lain dari HUAWEI ini, tetapi sepertinya yang banyak beredar saat ini adalah tipe ini. Selain karena harganya juga relatif lebih murah dibanding USB Modem GSM sejenis lainnya.

Kesimpulan

Selain dari kesamaan fitur yang ditawarkan dari masing-masing produk dan dari hasil review, saya rekomendasikan untuk memilih modem Sierra Wireless Compass 885U. Karena modem Sierra Wireless Compass 885U lebih tahan panas, juga sudah ada WLAN (Wi-Fi Build in), slot MircoSD dan ROHS Compliant (ramah lingkungan).
Dan perlu digarisbawahi, untuk memperoleh kecepatan yang maksimal maka ada kaitannya dengan ISP (Internet Service Provider) apa yang anda pakai. Baik itu Telkomsel Flash, Indosat M2, atau XL Unlimited. Dan seberapa kuat sinyal yang didapat dan pemakai fasilitas masing-masing ISP di daerah itu.

Daftar Pustaka :
1. dafik.web.id/.../modem-usb-terbaik-huawei-e220-sierra-88/ - Tembolok
2. awangjivi.com/alnect-komputer-modem-gsm-3ghsdpa-sierra-881u/ - Tembolok - Mirip
3. http://blog.fastncheap.com/sierra-881u-modem-usb-gsm-tangguh-dan-populer/#ixzz1CEo0Qgip


NAMA : ARIZ ZAFITRI
NIM : 1000631002
KELAS : MI.A

1 komentar:

  1. Menarik artikel dan juga saya suka dengan ulasannya yg cukup menarik untuk dibaca lagipula juga sangat bagus, dan salam kenal dari mico bro, dan juga kalo ada teman2 yg suka dengan download film box office ampe setengah blue, dan kunjungi situsnya aja bro karena aku juga temukan di google hhe, dan makasi juga bro dan keep blogging dan makasi admin disini, thanks gbu laways

    BalasHapus