Senin, 24 Januari 2011

CD-ROM (READ ONLY MEMORY)

PENGERTIAN CD-ROM

CD-ROM kepanjangan dari compact disk read only memori yang artinya bahhwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara gari besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE  dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR RW drive. Pada CD ROM terdapat tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD RW juga biasanya  dibedakan berdasarkan kemapuan membakar dan membaca. CD RW tipe 12x8x32 artinya memiliki kemampuan membakar pada CD R seccepat 12x, membakar pada CD RW secepat 8x, dan membaca CD R/CD RW/dengan kecepatan maksimal 32x. CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
Contoh gambar CDROM :














FUNGSI CD ROM

Telah di jelaskan bahwa CD ROM mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.


CARA MENG-INSTALL CD-ROM PADA KOMPUTER
Agar CD-ROM dapat digunakan, dan berfungsi menginstalasi system operasi, system aplikasi, juga berfungsi membaca datapada CD, anda harus menginstalasi device driver CD-ROM. Device driver CD-ROM biasanya berupa disket 1,44 MB. Berikut langkh-langkah menginstalnya :
1.Masukkan disket driver ke dalam FDD.
2.Hidupkan computer.
3.mMasuklah ke setup BIOS. Tekanlah tombol Del berulang kali pada saat booting. Muncul menu utama Award BIOS. Pilihlah BIOS FITURE SETUP. Buatlah Boot Sequence menjadi “A” di layarmonitor.
5.Ketikkan DIR (untuk mengetahui file induk driver, apakah INSTALL.EXE atau SETUP.EXE). tekanlah Enter. A:\>DIR [Enter]
6.Apabila file induk driver “INSTALL.EXE’, maka ketiklah seperti ini : A:\>INSTALL.EXE [Enter]
7.Apabila file induk driver “SETUP.EXE”, maka ketiklah seperti ini : A:\>SETUP.EXE [Enter]
8.Tunggulah beberapa saat, hingga proses instalasi selesai.
9.keluarkan disket dari FDD.
10.masukkan sebuah CD ke dalam CD-ROM. Tungguah beberapa saat hingga CD benar-benar terbaca oleh CD-ROM.
11.Ubahlah A promp “A:\>” menjadi E promp ”E:\>” (drive CD-ROM). Tekanlah Enter. A:\>E: [Enter]
12.ketiklah DIR (untuk menampilkan seluruh isi CD). Tekanlah Enter. E:\>DIR [Enter]
13.Apabila CD-ROM menampilkan seluruh isi CD, berarti CD-Rom sudah dapat digunakan.





DAFTAR PUSTAKA :
1.wss-id.org/blogs/rahman_sby 
2.wikipedia




Penulis :


Nim      :1000631015
Nama   :Marendra putra pratama


Tidak ada komentar:

Posting Komentar