Jumat, 28 Januari 2011

Mouse

Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus
Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.
Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

Beberapa jenis Mouse

Mouse optic

Pertama kali dikenalkan pada tahun 1999 oleh Agilent Technologies, tipikalnya bekerja berdasarkan metode pencitraan dimana sebuah sensor optoelektik yang sangat peka bertugas untuk menangkap setiap gambar yang berhasil ditangkapnya. Dalam tugasnya sensor ini ditemani oleh sebuah LED ( light emiting diode ) yang senantiasa menerangi setiap detil dari citra yang akan ditangkap oleh sensor tadi. Dalam perjalanannya sebuah potongan gambar yang berhasil ditangkap oleh sensor tadi akan diproses oleh prosessing chip dan akan membentuk sebuah algoritma dan akan di analisa untuk mereferensi setiap perubahan pergerakan yang terjadi melalui mekanisme x/y axis.
Dalam kondisi idealnya sebuah sensor optik pada mouse sanggup memproses data yang setara dengan 1500 gambar berukuran 3.2 Megapixel/detiknya.



Akan tetapi salah satu kekurangan optikal mouse ialah kurang mampunya sensor bekerja pada permukaan yang mengkilap atau transparent seperti cermin atau kaca sehingga akhirnya munculah laser mouse sebagai generasi penerus selanjutnya.

Laser Mouse


 Pada mouse laser, kerja LED digantikan oleh sebuah infrared laser diode dan teknologi ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004 oleh Logitech dan Agilent Technologies.
Prinsip kerjanya sebenarnya kurang lebih sama dimana sebuah sensor peka cahaya disandingkan dengan sebuah diode laser yang akan mendeteksi setiap sekecil apapun yang terjadi. Karena saking pekanya maka sensor ini sanggup mendeteksi citra sebesar setara dengan 5.8 Megapixel/detiknya, hamper 2 kali lipat dari kemampuan mouse optic.



Dalam perkembangannya, diatas kertas mouse laser bisa dengan mudah mengalahkan mouse optik. Bagaimana tidak ? dengan fitur-fitur sakti seperti mampu memproses ketelitian yang lebih tinggi ( optic antara 600 – 800 dpi sedangkan laser 800 – 2000 dpi) serta mampu dioperasikan di hampir semua jenis permukaan maka sudah bisa ditebak bila mouse laser akan menjadi mouse masa depan, tapi apa iya ?

Mungkin kita bisa merenungkan apa yang dicetuskan oleh Martin Reynolds, vice president of research firm Gartner, ditahun 2004:
“Lasers are a natural evolution of the optical mouse, as their illumination enhances surface textures invisible under LED illumination. This is physics in action, and will become one of the top volume applications for lasers.”

Nah….jadi sepertinya memang si laser ini kemungkinan bisa jadi favorit ya ? Tapi untuk aplikasi umum kecenderungan untuk memakai laser mouse mungkin masih relative tidak efesien, karena disamping harganya masih mahal dengan resolusi 1600 dpi misalnya, kesannya malah tambah ribet kalau cumin untuk membuka halaman inet, geser dikit……dah pindahnya jauuuuuh. Lain halnya kalau untuk gaming atau foto editing…wah…..sip banget tuh…


Beberapa Merk&Harga mouse terbaru


A4TECH AK-5 NOTEBOOK MOUSE (call) 68.000,-

A4TECH G3-230 Wireless Mouse 108.000,-


A4TECH G6-10D G6 WIRELESS Mouse 161.000,-


A4TECH G6-19 G6 WIRELESS Mouse 148.000,-


A4TECH G6-20D G6 WIRELESS Mouse 161.000,-


A4TECH G6-70D G6 WIRELESS Mouse 188.000,-


A4TECH G7-630 G7 WIRELESS Mouse 157.000,-


A4TECH K4-3D K4 16 IN 1 500Hz Mouse (call) 72.000,-


A4TECH K5-52D K5 Run-on-Shine 1000Hz Mouse (call) 112.000,-


A4TECH MOP-20D USB ( GRAY and BLUE ) 1 dos = 40 2X CLICK MOUSE WIRED OPTICAL ( 68.000,-







Daftar Pustaka :

  1. wikipedia.org 
  2. gudangTekno.com 
  3. www.nanokomputer.com 
  4. www.everythingusb.com/logitech_g5_laser_mouse.html 

Penulis :
NIM   : 1000631028
Nama : Junaedi Abdillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar