Selasa, 25 Januari 2011

PHONE REMOTE CONTROL PC

Optimalkan fungsi Bluetooth HP sebagai remote control PC

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan Teknologi Informasi
berjalan dengan sangat cepat. Hal ini disebabkan dampak yang
diberikan oleh Teknologi Informasi sangat berguna untuk menunjang
berbagai aktifitas manusia. Seperti dalam teknologi komuniasi.

Anda masih ingat program game snake pada Mobile Phone Nokia
sekitar pertegahan tahun 1990-an?
Game snake adalah aplikasi pertama yang ada
pada sebuah Mobile Phone diluar dari fungsi utamanya sebagai alat
berkomunikasi. Penciptaan game ini mengilhami produsen-produsen
Mobile Phone untuk membuat berbagai aplikasi pendukung. Terciptalah
berbagai fungsi lain pada Mobile Phone, dari yang sederhana seperti
kalkulator, alarm, kalender, stopwatch, converter, notes, to-do list, dll.
Sampai pada aplikasi yang lebih kompleks seperti GPS, WI-FI, kamera
recorder, aplikasi multimedia, dll. Kemudian didukung lagi oleh
konektivitas nirkabel seperti IrDa dan Bluetooh. Kemudian
diluncurkannya sistem operasi Symbian, yang membuat kita bebas untuk
mengembangkan aplikasi sendiri dengan bahasa Java atau Phyton. Tidak dapat dipungkiri pada masa mendatang sebuah Mobile Phone dapat menjadi gadget dengan berbagai macam fungsi,
sehingga dapat menjadi gadget tunggal untuk manusia.
Semakin canggihnya teknologi mobile phone akhir – akhir ini membuat fitur file transfer menjadi suatu kewajiban. Dengan adanya fitur itu pengguna bisa dengan mudah melakukan operasi terhdap file seperti kirim foto, ringtone, wallpaper dsb, menjadi lebih mudah dan praktis. Dan salah satu alat yang sering sekali kita temui bahkan hampir di setiap mobile phone di pastikan ada Bluetooth.
Bagaimanakah caranya kita bisa mengoptimalkan perangkat yang ada untuk sesuatu yang berbeda, ini adalah salah satu contoh penggunaan Bluetooth untuk sesuatu yang tidak biasa., nahh…. bagaimanakah mengkombinasikan dua alat ini untuk saling bekerja sehingga bisa membuat kita lebih terlihat berbeda??????

Bluetooth Hp yang kita miliki sebagai pengendali atau remote control untuk PC / Laptop yang kita miliki. Banyak kita jumpai sekarang di toko – toko komputer banyak menyediakan gadget dengan fungsi sejenis, seperti remote untuk power point yang bisa memudahkan kita saat presentasi tanpa harus kita wira wiri menekan mouse atau keyboard untuk mengendalikan slide kita. Cukup dengan perangkat Bluetooth yang kita miliki kita bisa mendapat lebih dari itu. Cukup dengan menambahkan aplikasi tambahan kita bisa mengubah fungsi hp kita menjadi remote control, salah satu software yang cukup dikenal adalah Bluetooth Remote Control yang bisa didapatkan di www.blueshareware.com
Fitur dari Bluetooth Remote Control
• Mengontrol iTunes, PowerPoint, Mouse, Winamp, Windows media player dan lainnya
• Melihat desktop secara actual di Hp kita
• Koneksi melalui Bluetooth tau wifi
• Tidak butuh konfigurasi Bluetooth
• Support untuk semua jenis Bluetooth seperti Thosiba, Windows, BlueSoleil dan Widcomm/Broadcom

Layak untuk di coba ini software, seenggaknya dengan sofatware ini kita mendapatkan kemudahan.
System Requirements
• Operating system computer : Windows 2000, XP, Vista and Windows 7 32/64 bit
• .Net Framework harus di atas versi 2
• System Requairement untuk handphone, Java MIDP2.0 support (Almost all phones released since 2005 ) dan Bluetooth (with Java JSR-82) or WiFi support
Langkah – Langkah Installasi
1. Pastikan bahwa net framework anda udah versi 2 ke atas, jika belum silahkan di upgrade terlebih dahulu
2. Silahkan download software yang di install di di komputer, http://www.blueshareware.com/downloads.asp (versi shareware)
3. Silahkan di install programnya, setelah installasi anda akan mendapatkan folder install phone client, buka folder tersebut.



4. Silahkan pilih versi mana yang sesuai dengan spesifikasi handphone anda, di dalam masing- masing folder udah ada petunjuknya.
5. Jika telah terinstall di keduanya tinggal di konekin deh.




Kerja Universal Remote Control Inframerah
instalasi Sebagian besar peralatan elektronik seperti stereo, pencahayaan, camcorder dan audio dan video saat ini aparat datang dengan remote control infra merah Inframerah cahaya merah di bawah terlihat bahwa hal itu tidak terlihat dengan mata telanjang dan terpisah dari fakta ini sangat banyak. seperti sumber cahaya lainnya yang beroperasi di bawah hukum-hukum fisika yang sama Dan di hampir semua kasus., sinyal inframerah dihasilkan oleh sumber LED.


Infra merah menerima dan mengirimkan sistem biasanya handal dan murah Tapi gangguan yang disebabkan oleh sumber-sumber inframerah lain bisa menjadi masalah kategori kecil. Interference bisa datang dari inframerah sistem audio yang menyiarkan sinyal inframerah terus menerus, dari remote kontrol infra merah dan dari fluorescent dan. sumber cahaya lainnya sebagai pemberat dapat mengakibatkan gangguan inframerah dan dalam beberapa kasus bahkan cahaya yang ballast elektronik dapat mengakibatkan masalah gangguan. interferensi dapat dihindari jika frekuensi operasi dari ballast elektronik dipilih bahwa 36Kh frekuensi permasalahan adalah mustahil.

Biasanya remote control infra merah datang dengan kisaran 32-40 kilo hertz dimodulasi gelombang persegi yang digunakan untuk berkomunikasi. Ini gelombang persegi dikirim ke LED inframerah (IR transmitter) Data memodulasi. Frekuensi dibawa dalam amplitudo, biasanya seluruh atau menonaktifkan modulasi mengetik. Tingkat data yang terletak di antara lima puluh ribu rentang untuk bit, yang sangat tergantung pada sistem yang digunakan.

Universal remote kontrol infra merah yang tersedia hari ini mengirim informasi kontrol dengan bantuan cahaya infra merah. Ketika kunci remote control inframerah disentuh, sirkuit menentukan urutan flash inframerah yang sesuai dengan kunci tertentu. Sinyal tersebut kemudian dikirim dalam bentuk urutan tegangan yang mengubah dioda pemancar cahaya (LED inframerah) dan mematikan Alat titik pengguna. pada apakah itu adalah VCR atau TV atau stereo atau DVD biasanya memiliki detektor sinar inframerah yang mengambil sinyal IR cahaya yang kemudian diubah menjadi sinyal listrik dan akhirnya sirkuit digital tertentu menentukan fungsi-fungsi yang diperlukan untuk dilakukan menurut urutan sinyal. universal remote control infra merah perlu sangat fleksibel sehingga dapat menangani standar internasional untuk menyandikan perintah yang digunakan oleh remote kontrol. Mereka adalah RC5 dan RECS 80 kode.

Infrared remote control yang merupakan RC5 coding setiap perintah sebagai rangkaian bit sangat mirip dengan bit yang merepresentasikan huruf dan angka dalam komputer. Ia memiliki durasi seragam dan menggunakan kode "biphase" kode RECS delapan puluh membuat. penggunaan lebar pulsa modulasi, di mana informasi dari bit yang harus dikodekan dalam panjang setiap pulsa.

 Sumber :
- http://diansigitprastowo.web.id/2010/12/optimalkan-fungsi-bluetooth-hp-sebagai-remote-control-pc.dsp
- http://www.infosum.net/id/hardware/working-of-universal-infrared-remote-control.html


Nama : NINA RETMA FERDIYANTI
Nim    : 1010651010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar